Yesaya 9:6; Ringkasan Khotbah Ev. Nicholas Kurniawan; Minggu, 08 Desember 2019

ARTI SEBUAH NAMA. WIlliam Shakespeare dalam karya terkenalnya Romeo and Juliet menuliskan ungkapan “What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet” (Apakah arti sebuah nama? Bahkan sekuntum mawar dengan nama lain pun akan tetap manis dan semerbak mewangi). Ungkapan ini mengindikasikan bahwa sebuah nama sesungguhnya tidak begitu bermakna dibandingkan dengan apa atau siapa yang menyandang nama tersebut, sehingga nama apapun yang disandang seseorang, tidak akan mengubah kualitas dari pribadi penyandang nama itu. Namun dalam budaya Yahudi, ‘nama’ justru bukan sekedar sebuah sebutan, tapi di dalam sebuah nama terkandung sebuah IDENTITAS (nama menunjukkan jati diri dan karakter seseorang), sekaligus AKTIVITAS (nama menunjukkan aktivitas yang dikerjakan orang tersebut) dan ENTITAS (nama menunjukkan bahwa seseorang itu benar-benar eksis dan berwujud). Ketika manusia tercipta, mereka ‘diberikan nama’ oleh Tuhan (Kejadian 5:2), mereka juga ditugaskan dan dilatih untuk ‘memberi nama’ kepada ciptaan Tuhan lainnya (Kejadian 2:19-20), namun Tuhan pun menegur manusia pada zaman pembangunan Menara Babel karena mereka ‘mencari nama’ untuk diri mereka sendiri (Kejadian 11:4).

APA KEAJAIBAN NAMANYA? Yesaya 8:23-6:9 adalah sebuah berita pengharapan kepada kaum yang jalan di dalam gelap dan hidup dalam kelam. Dan solusi yang Tuhan berikan adalah lahirnya seorang anak bagi mereka, yang disebutkan Namanya Ajaib. Pertanyaannya, apa keajaiban nama-Nya itu? Nubuatan ini mengarah kepada lahirnya Yesus (nama yang setara dengan istilah dalam bahasa Ibrani yaitu Yeshua atau Yosua, yang berarti ‘Allah Menyelamatkan atau Menolong’). Ketika disebutkan ‘ajaib’ sesungguhnya nama Anak yang akan lahir itu bukan saja ajaib untuk sebutan ‘penasihat’, tetapi pada dasarnya nama itu sendiri sudah merupakan sebuah keajaiban, sehingga apa pun yang dilakukannya berasal dari keajaiban-Nya dan disertai dengan keajaiban-Nya.

MAKNA KEAJAIBAN NAMANYA BAGI MURID KRISTUS. Keajaiban nama Yesus Kristus memberi empat makna dan panggilan bagi para pengikut Kristus: (1) Nama-Nya Ajaib karena nama-Nya adalah sebuah NOTIFIKASI dari Allah untuk dunia ini, Allah menotifikasikan manusia tentang Yesus sebagai Juruselamat yang Perkasa dan Pendamai bagi dunia ini dan karena itu murid Kristus diutus untuk menotifikasi semua orang tentang keperkasaan-Nya yang sanggup mendamaikan dunia ini; (2) Nama-Nya Ajaib karena namaNya adalah bukti ATENSI Allah bagi dunia ini, Allah menunjukkan perhatian-Nya yang ajaib sebagai seorang ‘Penasihat’, ‘Bapa yang Kekal’ yang peduli dan penuh perhatian atas dunia yang berdosa, dan karena itu murid Kristus diutus untuk memberikan atensi yang dalam kepada sesama kita; (3) Nama-Nya Ajaib karena di dalam nama-Nya terkandung MISI Allah bagi dunia ini, setiap nama atau gelar yang disebutkan untuk Yesus adalah pernyataan misi Allah bagi dunia ini: di dalam sebutan Gembala untuk Yesus, ada misi penggembalaan; di dalam sebutan Juruselamat, ada misi penyelamatan dan karena itu murid Kristus diutus untuk melanjutkan Misi Allah itu; (4) Nama-Nya Ajaib karena nama-Nya adalah bukti AUTENTIKASI pribadi-Nya yang ajaib itu, sebutan untuk Yesus menunjukkan bahwa Dia lah pribadi yang autentik (=asli, murni, tidak bercampur dan tidak ada bandingannya) dan karena itu murid Kristus dipanggil untuk tetap hidup murni, otentik, dan menjaga diri-Nya tetap kudus di tengah-tengah keadaan yang serba tidak kudus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here