Keluarga yang Kokoh

Setiap keluarga berharap bisa membangun keluarga yang kokoh. Karena itu, setiap keluarga menyadari bahwa hal itu tidak bisa terlaksana dengan sendirinya. Sebaliknya, diperlukan upaya dan pergumulan yang sangat besar.

Ada banyak tantangan yang dihadapi, baik itu dari intern keluarga maupun dari ekstern keluarga. Faktor intern, misalnya perbedaan karakter, kepribadian, visi-harapan, nilai-nilai, dsb. Faktor ekstern, misalnya suami di-PHK, istri mengalami kecelakaan yang menyebabkan sakit, tuntutan sekolah anak, pergaulan anak, dsb. Tantangan-tantangan ini acapkali menggoyahkan keluarga-keluarga.

Akibatnya, ada anggota-anggota keluarga yang tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Suami yang tidak lagi bekerja menyebabkan suami menjadi sulit untuk bisa menjalankan perannya untuk menafkahi keluarga. Pergaulan anak-anak yang menjerumuskan anak-anak telah membuat anak-anak kita tidak lagi menjadi anak yang menyenangkan.

Keadaan-keadaan ini membuat keluarga-keluarga bergumul: Apa yang harus dilakukan di tengah-tengah situasi yang terjadi? Siapakah yang harus bertanggung jawab untuk semua situasi ini? Siapakah yang menjadi penyemangat agar terus bisa bertahan?

Bulan Mei menjadi bulan Keluarga bagi gereja kita. Selama bulan ini kita akan bersama merenungkan kebenaran firman Tuhan yang akan membawa kita kepada Rancangan Allah bagi keluarga. Bagaimana seorang Ibu bisa menjalankan perannya dalam keluarga? Bagaimana seorang Ayah dapat menjalankan panggilannya dalam keluarga? Bagaimana keluarga seharusnya menjalani panggilan Tuhan? Apa atau siapa yang menjadi pusat dalam keluarga?

Saya berharap agar bulan Mei menjadi sebuah kesempatan bagi kita untuk semakin menggumuli kehendak Tuhan bagi keluarga kita. Dalam zaman yang semakin sulit seperti ini, maka kita pun harus semakin “bekerja keras” untuk membangun keluarga kita. Namun, bukan dengan kekuatan kita sendiri, melainkan bersama Allah, sang Perancang Keluarga, kita akan membangun keluarga yang kokoh.

Salam kasih untuk keluarga kita sekalian. Tuhan Yesus memberkati.