Pengakuan Iman GKKK

Pengakuan Iman GKKK adalah intisari dogmatika GKKK yang ditetapkan oleh Sinode GKKK untuk menjadi pedoman/landasan berpijak bagi pengajaran dan segenap pelayanan yang dilakukan di lingkup GKKK Malang. Berikut adalah penjabarannya:

  1. GKKK mengakui bahwa Alkitab, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, adalah satu-satunya firman yang diilhamkan Allah, yang ditulis tanpa kesalahan dalam naskah aslinya oleh orang-orang yang dipilih Allah, yang dikuasai dan yang dipimpin oleh Roh Kudus. Alkitab merupakan otoritas tertinggi dalam iman dan kehidupan orang percaya.
  2. GKKK mengakui bahwa Allah adalah esa dan kekal, yang menyatakan diri dalam tiga Pribadi, yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Ia adalah Pencipta, Penguasa dan Pemelihara alam semesta menurut kedaulatan dan kehendak-Nya yang bebas.
  3. GKKK mengakui bahwa manusia, laki-laki dan perempuan, diciptakan oleh Allah menurut gambar-Nya. Di dalam Adam, setiap manusia telah jatuh ke dalam dosa dan berada di bawah hukuman Allah dan tidak ada seorangpun yang dapat memperoleh keselamatan melalui upaya dan kebaikan diri sendiri. Manusia dapat diselamatkan hanya oleh kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus yang diterima melalui iman.
  4. GKKK mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Allah sejati dan Manusia sejati. Ia dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria. Ia hidup tanpa dosa, disalibkan, mati dan bangkit dari kematian. Ia naik ke sorga dan akan datang kembali untuk yang kedua kalinya. Ia adalah Penebus dan Juru selamat satu-satunya bagi seluruh umat manusia.
  5. GKKK mengakui bahwa Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal. Ia berkarya dalam kelahiran baru, pertobatan dan iman kepada Yesus Kristus. Ia mendiami, menguduskan dan memberi kuasa serta karunia pada setiap orang percaya menurut kehendak-Nya untuk bersaksi dan melayani Tuhan.
  6. GKKK mengakui bahwa gereja adalah tubuh Kristus yang terdiri dari orang-orang percaya yang telah dilahirkan kembali oleh Roh Kudus, dan Kristus yang menjadi Kepala gereja. Gereja dipanggil untuk memberitakan Injil kepada sekalian bangsa serta memelihara dan mendewasakan iman orang percaya melalui ibadah, persekutuan, kesaksian, pelayanan dan pengajaran.
  7. GKKK mengakui bahwa Yesus Kristus akan datang kembali dalam kemuliaan. Ia akan membangkitkan orang mati serta menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Setiap orang yang percaya kepada Kristus akan memperoleh hidup yang kekal dan orang yang tidak percaya kepada Kristus akan menerima hukuman yang kekal.