Ringkasan Khotbah Pdt. Sia Kok Sin; Minggu, 25 Agustus 2019

Topik ini merupakan topik khotbah yang sangat luas dan tidak ada satu teks Alkitab yang langsung membahasnya. Kita membahasnya berdasarkan prinsip-prinsip yang diberikan oleh Alkitab. Untuk itu kita akan merenungkan Yeremia 29 yang merupakan surat nabi Yeremia kepada para pemimpin dan rakyat Yehuda yang dibuang ke Babel.
Yeremia 29 mengungkapkan perintah Tuhan kepada mereka yang di pembuangan. Ada beberapa perintah yang diberikan kepada mereka, yaitu:

1. Dirikan rumah (ayt. 5)
2. Buatlah kebun (ayt. 5)
3. Berkeluargalah (ayt. 6)
4. Usahakanlah kesejahteraan (ayt. 7)
5. Berdoalah (ayt. 7)

Orang-orang di pembuangan diperintahkan untuk mengupayakan kesejahteraan di tempat pembuangan yang mereka tinggal, oleh karena kesejahteraan tempat itu berkaitkan langsung juga dengan kesejahteraan mereka. Hal ini sangat menarik. Walau mereka di pembuangan, tetapi mereka diperintahkan untuk mengupayakan kesejahteraan bagi lingkungan mereka.

Hal yang sama juga berkaitan dengan peran keluarga dan gereja bagi negara. Keluarga Kristen dan gereja jangan hanya memikirkan kesejahteraan mereka sendiri saja, tetapi bagaimana keluarga Kristen dan gereja dapat juga menghadirkan kesejahteraan bagi orang lain, khususnya bagi bangsa dan negara Indonesia.

Keluarga Kristen perlu mengupayakan kesejahteraan keluarga dan hidup dalam kasih, barulah dapat menjadi berkat bagi gereja dan negara. Gereja perlu menjadi gereja yang sehat dan bertumbuh, sehingga setiap anggotanya mengalami pertumbuhan rohani dan rindu menjadi berkat bagi orang lain. Keluarga dan Gereja perlu mengembangkan sikap terbuka dan berbagi kepada orang lain. Sikap terbuka terhadap mereka yang berbeda suku dan agama. Sikap ber- bagi kepada mereka yang terpinggirkan.

Untuk dapat mempunyai peran positif bagi negara, maka keluarga dan gereja perlu bertumbuh sesuai dengan prinsip-prinsip Firman Tuhan. Oleh karena itu menjadi pertanyaan yang perlu kita renungkan bagi keluarga dan gereja kita: Adakah keluarga dan gereja kita semakin hari semakin bertumbuh sesuai dengan prinsip-prinsip Firman Tuhan?

Kiranya Tuhan Yesus menolong setiap keluarga dan gereja kita menjadi keluarga dan gereja yang tidak hanya sejahtera, tetapi dapat menghadirkan kesejahteraan bagi orang lain, sehingga keluarga dan gereja kita mempunyai peran positif bagi negara.

SHARE
Previous articleIntegritas Anak Tuhan
Next articleMenjadi Duta Kristus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here